2.4 KEYWORD & IDENTIFIER
Dalam bahasa pemrograman, suatu program dibuat dari elemen-elemen sintaks individual yang disebut token, yang memuat nama variable, konstanta, keyword, operator dan tanda baca.
Contoh :
#include <iostream.h>
main()
{
int n=66;
cout<<n<<endl; // n sebagai variabel
return 0;
}
Keluarannya:
66
Program diatas memperlihatkan 15 token, yaitu
main, (, ), {, int, n, =, 66, ;, cout, <<, endl, return, 0 dan }
Token n adalah suatu variable
Token 66,0 adalah suatu konstanta
Token int, return dan endl adalah suatu keyword
Token = dan << adalah operator
Token(, ), {, ;, dan } adalah tanda baca
Baris pertama berisi suatu prepocessor directive yang bukan bagian sebenarnya dari program
2.5 VARIABEL, DEKLARASI & INISIALISASI
Variabel adalah symbol dari suatu besaran yang merepresentasikan suatu lokasi di dalam memori komputer. Informasi yang tersimpan di dalam lokasi tersebut disebut nilai variable. Untuk memperoleh nilai dari suatu variable digunakan pernyataan penugasan ( assignment statement ), yang mempunyai sintaks sebagai berikut
variable = ekspresi ;
Yang akan diolah terlebih dahulu adalah ekspresi, baru hasilnya dimasukkan kedalam variable
Tanda “=” adalah operator penugasan.
Contoh :
#include <iostream.h>
main()
{
int n;
n=66; // sama juga jika ditulis int n=66;
cout<<n<<endl; // n sebagai variabel
cout<<’n’<<endl; // end sebagai karakter
return 0;
}
Keluarannya :
66
n
Deklarasi dari suatu variable adalah sebuah pernyataan yang memberikan informasi tentang variable kepada compiler C++. Sintaksnya adlah
type variable ;
dengan type adalah tipe data yang didukung oleh C++, beberapa contohnya yaitu:
Tipe Data
|
Ukuran Memori (byte)
|
Jangkauan Nilai
|
Jumlah Digit Presisi
|
Char
|
1
|
-128 hingga +127
|
-
|
Int
|
2
|
-32768 hingga +32767
|
-
|
Long
|
4
|
-2.147.438.648 hingga 2.147.438.647
|
-
|
Float
|
4
|
3,4E-38 hingga 3,4E38
|
6-7
|
double
|
8
|
1.7E-308 hingga 1.7E308
|
15-16
|
Long double
|
10
|
3.4E-4932 hingga 1.1E4932
|
19
|
NB : Untuk mengetahui ukuran memori dari suatu tipe digunakan fungsi sizeof(tipe)
Tipe data dapat diubah ( type cast ), misalkan:
float x = 3.345;
int p = int(x);
maka nilai p adalah 3 ( terjadi truncating ).
int a,b,c;
int p = 55;
Dalam contoh, kita mendeklarasikan tiga variable yaitu variable a,b dan c namun belum kita inisialisasi.
Sedangkan variable p kita inisialisasi ( diberikan nilai ).
Dalam C++, untuk dapat menggunakan suatu variable, variable tersebut minimal kita deklarasikan terlebih dahulu. Apa yang terjadi, jika suatu variable telah dideklarasikan namun belum kita inisialisasi lalu kita mencetak nilai variable tersebut ?
Contoh :
#include <iostream.h>
main()
{
int n;
cout<<n<<endl; // n sebagai variabel
return 0;
}
Keluarannya:
18125
Darimana angka 18125 diperoleh ?
>> Jika variable tidak diinisialisai, namun nilai keluarannya diminta, maka compiler dengan bijak akan menampilkan nilai acak yang nilainya tergantung dari jenis compilernya.
2.6 KONSTANTA
1. Konstanta Oktal, digit yang digunakan 0-7
2. Konstanta Heksadesimal, digit yang digunakan 0-9, A-F
3. Konstanta Bernama
a. Menggunakan keyword const
Contoh : const float PI = 3.14152965;
Berbeda dengan variable, konstanta bernama tidak dapat diubah
jika telah diinisialisasi
b. Menggunakan #define
Contoh : #define PI 3.14152965
Keuntungan menggunakan #define apabila dibandingkan dengan const adalah kecepatan kompilasi, karena sebelum kompilasi dilaksanakan, kompiler pertama kali mencari symbol #define ( oleh sebab itu mengapa # dikatakan prepocessor directive ) dan mengganti semua PI dengan nilai 3.14152965.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar